Cara Menambah Subscriber YouTube 

Cara Menambah Subscriber pada Youtube.com Web dengan Mudah

Cara Menambah Subscriber YouTube Rztekno.Com Sudah tahu belum cara mendapatkan 1000 subscriber dalam 1 hari? Atau ingin tahu cara menambahkan subscribe di video youtube?

Menemukan cara menambah subscriber yang organik dan efektif penting keberlanjutan channel Youtube. Salah satu cara mengukur kepopuleran dan kesuksesan channel YouTube kamu adalah dengan melihat angka subscriber yang kamu miliki di platform tersebut.

Lagipula semakin banyak jumlah subscriber yang kamu miliki, tentu peluang kamu untuk mendapatkan views yang lebih tinggi juga dapat semakin besar. Nah, agar bisa meningkatkan jumlahnya, ada beberapa cara menambah subscriber YouTube yang perlu kamu coba lakukan.

Menentukan Tujuan Awal Channel

Banyak youtuber pemula kebingungan untuk memulai karirnya dalam industri youtube sehingga hanya asal mengupload video pada channelnya dengan harapan akan meningkatkan subscriber dan jumlah views pada akunnya.

Hal tersebut merupakan kesalahan yang sering dialami pemula, karena dengan asal mengupload video akan merusak matrik algoritma dari channelmu. Karena itu jika kamu merupakan youtuber pemula harus memperhatikan bagaimana tujuan awalnya.

Apakah ingin membuat channel mengenai makanan atau review mengenai gadget terbaru harus dipertimbangkan karena akan mempengaruhi algoritma di youtube.com web. Jika asal upload saja sudah dapat dipastikan jumlah subscriber tidak akan meningkat.

Menarik penonton awal merupakan langkah paling dasar sebagai kesuksesan untuk menjadi youtuber, oleh karena itu dibutuhkan upaya ekstra untuk menentukan tujuan awal channel sehingga mampu menghasilkan konten yang menarik minat penonton.

Terdapat beberapa karakteristik yang dapat diterapkan mulai dari penargetan audiens, kemudahan menemukan video, kemudahan membagikan konten, serta adanya kolaborasi dengan youtuber lain.

Langkah Mudah Untuk Menambahkan Subscriber

Setelah kamu berhasil untuk menentukan tujuan awal channelmu, kini saatnya berfokus pada beberapa strategi untuk menambahkan serta meningkatkan subscriber dengan mudah.

Tergantung dengan strategi yang digunakan akan mendapatkan efektivitas berbeda. Salah satu strategi yang umum digunakan adalah dengan mengunggah beberapa hingga banyak video sekaligus dalam waktu bersamaan.

Namun penggunaan cara ini akan dianggap spam oleh pihak youtube.com web. Dengan menambahkan beberapa video akan mendapatkan lebih banyak engagement penonton lebih banyak, namun harus diperhatikan kembali karena jika terlalu sering akan dianggap spam dan akunmu akan terkena peringatan.

Sebagai youtuber pemula kamu tetap bisa mendapatkan beberapa subscriber baru dengan mudah, namun tetap harus dilakukan dengan konsisten karena akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan cara berbayar.

Namun perlu diingat karena meningkatkan channelmu bukan hanya berkaitan dengan banyaknya jumlah video yang diupload saja. Berikut beberapa langkah mudah untuk mendapatkan banyak subscribers dengan mudah dan tanpa biaya.

  • Membuat Konten Berkualitas dan Menarik

Salah satu langkah mudah untuk dapat meningkatkan channelmu adalah dengan membuat berbagai macam konten yang berkualitas dan menarik minat penonton supaya betah untuk menonton pada akun youtube.com web milikmu.

Jika kamu merupakan youtuber pemula, tidak perlu merasa bingung untuk membuatnya. Langkah pertama adalah tentukan siapa audiens utama sesuai dengan tujuan dari mendirikan channel tersebut.

Setelah berhasil menentukannya, carilah topik apa yang lagi ramai dan menarik minat mereka. Sebagai contoh jika kamu menargetkan audiens remaja anak kos, mungkin bisa membuat video mengenai rekomendasi makan mukbang dengan murah.

Kamu bisa menganalisis berbagai konten yang sudah diupload pada youtube untuk melihat algoritma serta metrik engagemanentya, rata-rata durasi menonton, hingga retensi penonton dalam menonton video pada channelmu.

Dengan melihat dan menganalisisnya kamu dapat mengetahui konten mana yang paling berkualitas dan menarik sehingga lebih suka ditonton pada youtube.com web. Kedepannya berfokus pada konten tersebut karena lebih diminati penonton.

  • Membuat Playlist Video

Pembuatan playlist mampu meningkatkan kenyamanan audiens sehingga mereka lebih betah untuk menonton pada channelmu. Pembuatan playlist ini untuk mempermudah penonton dalam mencari video yang sesuai.

Salah satu cara untuk mengaturnya adalah dengan mengurutkan video dengan tema atau cerita yang sama dalam suatu playlist. Kamu bisa mengurutkannya berdasar kategori sehingga penonton mudah untuk menontonnya secara berkelanjutan.

Supaya playlist yang dibuat pada youtube.com web memiliki dampak, jangan asal dalam pemberian namanya. Gunakanlah tidak hanya menggunakan topik yang digunakan melainkan berdasarkan hasil ditawarkan kepada audiens.

Sebagai contoh daripada membuat playlistmu dengan nama “rekomendasi makan murah” lebih baik mengumpulkan beberapa video mengenai makanan murah dengan judul playlist “beberapa rekomendasi makanan murah hemat bagi anak kos”.

Penggunaan langkah ini akan mempermudah audiens dalam menemukan video yang sesuai sehingga mereka lebih tertarik untuk menikmati video pada channelmu. Makin banyak audiens yang berminat makin tinggi pula kesempatan mereka menjadi subscribermu.

  • Pemilihan Rekomendasi Video Lain pada Bagian Akhir

Selain beberapa langkah diatas, kamu juga harus memikirkan cara supaya videomu semakin sering untuk ditonton oleh penonton. Bukan hanya video terbaru saja, melainkan beberapa video-video lama jika memungkinkan harus bisa ditonton oleh penonton.

Hal ini akan berdampak pada monetisasi dan metrik algroitma youtube.com web pada channelmu. Jika video semakin sering ditonton ulang, maka kamu tidak perlu repot-repot untuk selalu membuat video baru setiap harinya.

Terdapat salah satu cara supaya video lamamu dapat terus ditonton oleh penonton, yaitu dengan cara merekomendasikannya pada end screen. Saat ini youtube memiliki fitur baru sehingga mampu menyisipkan videomu yang lain pada bagian akhir video terbaru.

Cukup sisakan sekitar 10 detik pada end screen video terbaru, ada juga youtuber yang menyediakan beberapa halaman kosong dilengkapi dua buah persegi untuk merekomendasikan videonya yang lain.

Gunakan end screen editor untuk mengeditnya, namun jangan lupa menggunakan video yang sesuai. Jangan gunakan tema berbeda sehingga penonton dapat tertarik untuk menonton video-video lamamu dengan tema serupa.

  • Mengoptimasi Penggunaan Kata Kunci Youtube.com Web

Penggunaan kata kunci pada videomu juga berdampak pada seberapa sering munculnya video tersebut saat dicari menggunakan mesin pencarian. Mesin pencarian disini dimaksud dengan google atau tools pencari youtube.

Semakin trending videomu maka akan semakin atas peringkatnya. Beberapa video dengan rating serta peringkat teratas akan terletak pada bagian paling atas saat dicari oleh beberapa pengguna yang sedang mencarinya.

Semisal jika kamu mengupload mengenai cara memasak nasi goreng, jika videomu memiliki kata kunci yang sesuai akan terletak pada pencarian paling atas. Namun jika kamu asal memilih kata kunci bisa jadi tidak akan keluar saat dicari oleh pengguna.

Kamu dapat melakukan optimalisasi kata kunci pada video serta channel youtube.com web dengan cara meletakkannya pada judul, deskripsi, tag, hingga file yang akan diupload. Jangan lupa juga gunakan kata kunci yang relevan pada thumbnail.

Jika kebingungan untuk menentukan kata kuncinya, kamu dapat mencarinya di beberapa website gratis seperti google trends atau google search recommendation. Terdapat beberapa website penyedia kata kunci gratis lainnya juga seperti keywordtool.io.

  • Membuat Thumbnail yang Menarik

Penggunaan thumbnail yang menarik pada beberapa video-videomu dapat secara signifikan meningkatkan jumlah audiens penonton pada channelmu. Karena penggunaan sampul video yang menarik akan meningkatkan minat untuk menonton youtube.com web.

Dengan menggunakan thumbnail menarik dapat mendorong penonton untuk mengklik videomu karena rasa penasaran mereka. Jika mereka tertarik setelah mengkliknya besar kemungkinan untuk menjadi subscriber channelmu.

Untuk membuat thumbnail youtube secara menarik, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi gratisan seperti canva. Didalamnya terdapat beberapa format thumbnail yang dapat kamu contoh atau edit sesuai kebutuhanmu.

Jika kekurangan inspirasi tidak perlu merasa khawatir, sebagai youtuber pemula bisa mencari referensi dari beberapa thumbnail yang digunakan kreator lain. Pilihlah thumbnail dari kreator youtube.com web terkenal karena memiliki kemungkinan diklik lebih besar.

Kamu juga bisa menggunakan foto orang berbicara atau gambarmu sendiri pada bagian paling menarik yang ada didalam videomu. Lalu jangan lupa tambahkan beberapa kalimat viral dengan huruf kapital sehingga penonton merasa penasaran terhadapnya.

  • Jangan Buat dengan Durasi Terlalu Singkat

Walaupun saat ini tersedia fitur youtube short yang menyediakan fitur untuk beberapa video pendek dengan durasi hingga 30 detik, sangat disarankan jangan membuat konten dengan durasi terlalu pendek.

Menurut beberapa pakar youtube.com web rata-rata standar durasi yang dianjurkan adalah sekitar 10 hingga 14 menit sehingga didapatkan performa terbaik. Dengan membuat videomu menggunakan durasi tersebut mampu memperbesar peluang untuk muncul saat dicari.

Menurut beberapa pakar, video dengan durasi 10 hingga 14 menit lebih sering muncul di beranda youtube dibandingkan dengan durasi yang lebih pendek seperti sekitar 1 hingga 2 menit saja karena dianggap kurang memenuhi syarat monetisasi.

Jika sebagai youtuber pemula kebingungan untuk membuat konten dengan durasi sepanjang 10 menit, kamu bisa menggunakan konsep rangkuman, pembuka, isi, dan penutup untuk mempermudah dalam penyusunan skrip.

Sebagian besar orang mungkin berpikiran untuk membuat konten youtube.com web sesingkat mungkin. Namun jika terlalu banyak video singkat akan jarang ada orang tertarik untuk menjadi subscribermu karena akan dianggap spamming.

  • Selalu Tanggapi Kolom Komentar

Mungkin beberapa youtuber menganggap membalas komentar penonton pada kolom komentar terasa sangat merepotkan. Namun dengan membalas komentar tersebut dapat membuatmu terlihat akrab kepada penontonmu.

Jika sebagai youtuber mampu menjalin hubungan yang baik dengan penontonnya, maka mereka akan cenderung ingin terus menonton karyamu dan melihat bagaimana perkembangan channelmu.

Oleh karena itu tanggapilah beberapa komentar penonton pada youtube.com web dengan beberapa respon positif sehingga mereka dianggap penting oleh idolanya. Anggap saja channelmu sebagai sebuah forum yang berisikan beberapa anggota aktif.

Jangan lupa untuk selalu merespon semua tanggapan mereka, karena akan membuatnya betah dan akan meningkatkan jumlah subscribermu secara signifikan. Jangan hanya menjadi seorang content creator yang hanya suka mengupload saja tanpa adanya respon.

Jika rajin memperhatikan kolom komentar, mungkin akan ada beberapa audiens yang ingin memberikan saran mengenai konten terbarumu. Hal ini dapat menjadi ide konten gratis yang sudah jelas teruji diinginkan oleh penonton.

Dengan fokus pada kualitas video yang dibuat, kamu pasti bisa mendapatkan banyak subscriber dibandingkan beberapa youtuber yang hanya fokus pada kuantitas. Jangan lupa untuk selalu meriset konten untuk youtube.com web supaya channelmu tetap ramai.

Itulah tadi tadi pembahasan kami mengenai Cara Menambah Subvriber yang tadi kita bahas. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya ya!

Baca Juga:

Login Line Website Mudah Beserta Fitur Unggulannya

Panduan Lengkap Cara Mengunci Aplikasi di Hp Samsung

About Rizal

Check Also

Cara Mengubah Video Potrait Menjadi Landscape Di Android

Cara Mengubah Video Potrait Menjadi Landscape Di Android – Bukan rahasia lagi bahwa Anda mungkin …